Memakai Peci dan Kain Sarung Kapolres Kaur Pimpin Apel Hari Santri

Keterangan Gambar : Kapolres kaur saat menjadi irup apel Hari santri 2023


Kominfo- Dengan mengenakan Peci dan kain sarung, Kapolres Kaur AKBP H. Eko Budiman, SIK, MIK, M.Si bertindak sebagai inspektur upacara dan Ketua KNPI Sabana bertindak sebagai pemimpin upacara, pada Apel Hari Santri 2023 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Kaur bersama Kantor kementrian Agama, Minggu  (22/10/2023) di Halaman Masjid Agung Al Kahfi

Apel yang dilaksanakan secara serentak se Indonesia ini selain diikuti ratusan santri dari berbagai pondok pesantren ini, juga di ikuti oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kaur Ir. Herwan, M.Si, Kepala Kantor kemenetrerian Agama Kabupaten Kaur H. Irawadi, S.Ag, MHi, Jajaran Forkopimda, Pimpinan  Lembaga Pendidikan Islam serta  jajaran Kemenag

Dalam Amanatnya, Kapolres Kaur mengatakan Tema "Jihad Santri Jayakan Negeri" pada peringatan Hari Santri kali ini, memiliki makna yang mendalam. Kata “Jihad” dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran fisik, melainkan perjuangan secara keseluruhan, yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu, dan memperbaiki diri. untuk merenungkan bagaimana peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa.

“Sebagai santri, kita tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari” Ujar Kapolres

Kapolres menuturkan santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan, Tentunya juga harus mengingat betapa besar peran para santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini, Mereka terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk kemerdekaan Indonesia. Semangat jihad mereka dalam menjalankan ajaran agama dan berjuang untuk kemerdekaan sangat patut diteladani.

“Hari Santri adalah momentum yang tepat untuk merefleksikan peran kita dalam menjayakan negeri ini, Sebagai generasi penerus, kita harus terus belajar dan berusaha untuk mencapai kesempurnaan dalam Ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum” tutur Kapolres

Kapolres juga mengajak para santri untuk menjadi insan yang cerdas, peduli terhadap sesama, dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan negara, serta merenungkan dan mengamalkan semangat jihad santri dalam kehidupan sehari-hari.

“Perjuangan kita bukanlah perjuangan fisik semata, melainkan perjuangan untuk memerangi kebodohan, ketidakadilan, kemiskinan, dan semua bentuk ketidaksetaraan.

Kapolres meminta para santri untuk bersama-sama ikut menjayakan negeri ini dengan membawa perubahan yang positif dan berkelanjutan, Karena  Saat ini, Indonesia menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang kompleks. Di tengah dinamika global yang terus berubah, santri memiliki peran kunci dalam menjaga keutuhan nilai-Wat keagamaan dan moral dalam masyarakat.

“Mari kita bersatu, terus berjuang, dan menjalankan peran sebagai agen perubahan yang membawa kemajuan bagi negeri ini, Semoga peringatan Hari Santri tahun ini menjadi titik awal bagi kita semua untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif bagi negeri, agama, dan bangsa” kata Kapolres (top)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

function noCopy() { echo ''; } add_action('wp_head', 'noCopy');