SP4N-LAPOR! Untuk meningkatkan Pelayanan Publik

Keterangan Gambar : Sekda kaur Didamping Kadis nKominfosantik dan kabid KIP saat mengikuti Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan SP4N-LAPOR! secara Hybrid


Kominfo- Sekda Kaur Dr. Drs. Ersan Syahfiri, MM didamping Kepala Dinas Kominfosantik M. Jarnawi, M.Pd dan Kabid KIP Lenny Sufrianty, SE, MM mengikuti Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) di Pemerintah Daerah yang diselenggarakan oleh Kementerian PANRB secara hybrid dari Aula Diskominfotik Provinsi Bengkulu, Kamis (22/9/2022) di ruang staf ahli setda Kaur

Dalam paparanya Kepala Dinas Kominfosantik M. Jarnawi mengatakan Pengelolaan SP4N-LAPOR! Kabupaten kaur mulai diaktifkan pada Januari 2022 setelah dinas yang ia kelola mendapatkan akun dari kementerian PANRB

“Untuk Pengelolaan SP4N-LAPOR! Saat ini masih ada beberapa penghubung yang masih belum bisa diteruskan salah satunya penghubung pihak kepolisisan karena juga banyak pengaduan terkait dengan pengaduan tentang penipuan penjualan online dan lain sebagainya” terang Kadia Kominfosantik

Untuk pengelolaan di OPD dikabupaten Kaur, menurut Kadis Kominfo Pengelolaan SP4N-LAPOR! Masih belum optimal karena masih terfokus pada beberapa OPD lokus yang melakukan pelayanan Publik, diantaranya Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas PMPTSP, Dinas Pendidikan, Dinas Dukcapil, Puskesmas Bintuhan dan Puskesmas Linau

“Aesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik memberikan kepastian dan jaminan bagi setiap masyarakat untuk dapat berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pelayanan publik, kita terus upayakan seluruh OPD bisa terhubung dengan SP4N-LAPOR! Hanya saja saat ini masih fokus pada lokus, kedepan kita upayakan hingga ke kecamatan bisa terhubung” terang Kadis Kominfosantik

Untuk sosialisasi tentang layanan pengaduan SP4N-LAPOR! kadis kominfo mengaku akan terus melakukan upaya baik itu melalui sosialisasi mulai tingkat OPD sampai ke kecamatan, dan untuk saat ini sosialisai tentang layanan tersebut sudah ditampilkan diseluruh website OPD, kedepan akan terus digencarkan melalui sosiliasisinya agara masyarakat mudah melakukan laporan  

“SP4N LAPOR! merupakan salah satu indikator penilaian yang diakui pusat dalam pelayanan publik pemerintah. Oleh sebab itu, Pemkab kaur terus berupaya dalam mensosialisasikan SP4N LAPOR! baik di lingkup OPD maupun masyarakat, saat ini seluruh website OPD sudah ada banner tentang tata cara/alur melakukan aduan, dan kedepan kita akan lebih gencar dengan menampilkan di seluruh fanpage OPD dan juga sosialisasi ke kecamatan, dengan harapan semua pengaduan masyarakat dapat diselesaikan dengan baik,” ujar Kepala Dinas Kominfo (094)

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.

function noCopy() { echo ''; } add_action('wp_head', 'noCopy');